Sejarah Unik Mesin Slot



Mesin slot sebagai bagian dari Casino, adalah satu sarana gaming yang memungkinkan pemain untuk bermain sendirian tanpa ada keterlibatan dealer. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas sedikit tentang asal usul Mesin Slot dan siapa yang menjadi pembuat pertamanya. Ayo kita mulai.


Prekuel Menuju Gaya Standard

Menilik dari catatan sejarah yang ada, mesin yang akan menjadi cikal bakal mesin slot modern memiliki kompleksitas yang cukup rumit. Terdiri dari 5 drum dengan 50 kartu terpasang di badannya, kelima drum tersebut akan berputar dan menghasilkan hasil slot yang merupakan poker suits.

Dibuat oleh Sittman dan Pitt, Mesin ini tidak memiliki price output slot yang dalam mesin slot modern biasanya berfungsi sebagai tempat uang hadiah keluar. Sebagai gantinya, dikarenakan mesin – mesin ini pada jaman itu dipasang di bar – bar, maka hadiah yang ada akan berkaitan dengan apa yang ada di bar tersebut, dimana pemain akan bisa mendapatkan minuman ataupun juga service extra secara gratis, semua tergantung dari kebijakan masing – masing bar.

Penurunan Kompleksitas, Penurunan Kesempatan Menang

Satu permasalahan dari mesin yang dibuat oleh Sittman dan Pitt adalah, dengan menggunakan system Poker, dimana terdapat 8 level kemenangan, menjadikan terlalu mudah bagi seorang pemain mencapai paling tidak kemenangan one pair. Ini juga yang menjadikan mesin tersebut sulit untuk memiliki mekanisme pemberian hadiah otomatis atau payout. Terlalu banyaknya kombinasi kemenangan yang bisa terjadi, sangat tidak disupport dengan teknologinya pada masa itu.

Mengenai permasalahan itu, maka antara tahun 1887 dan 1895, Charles Fey mensimplifikasi mesin yang dibuat oleh Sittman dan Pitt. Dengan mengurangi kolom menjadi 3, serta mengganti kartu remi dengan hanya 5 symbol, permainan mesin slot menjadi jenis simple yang cukup kita kenal. Dengan ini, perhitungan kemenangan oleh mesin lebih mudah dilihat, sehingga system payout oleh mesin dapat dilakukan. Mesin ini sendiri terbukti cukup populer, sehingga banyak pembuat lain juga meniru mesin Charles Fey dan akhirnya lahirlah industry mesin slot.

Dengan ini kita bisa melihat seberapa uniknya sejarah mesin slot. Dimulai dari memesinisasi permainan Poker, yang kemudian berevolusi menjadi permainan tersendiri, menunjukkan bahwa perkembangan game dan mesin game dari masa ke masa selalu merupakan evolusi dari apa yang sudah ada. Sehingga, tidak aneh jika di masa kini, mesin slot pun masuk ke ranah digital dengan mode permainan yang beragam. Salah satunya bahkan menggunakan konsep awal Sittman dan Pitt (Poker Hand), dan dengan ini menunjukkan bahwa perkembangan mesin slot telah mencapai Full Circle. Tentunya pertanyaan selanjutnya adalah, kemana selanjutnya mesin ini akan berkembang.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Komentar